Hidup Di Kanada 2: Ingin Pindah Ke Kanada?

pindah ke kanada

Ingin Pindah Ke Kanada:

Sering teman menanyakan jika ingin pindah ke kanada, tinggal di  Kanada atau migrasi ke Kanada. Terkadang, terlahir menjadi warga negara di suatu negara, belum tentu membuat nyaman hati seseorang.  Suasana politik, latar belakang kenyamanan ataupun pekerjaan, seringkali menjadi alasan untuk pindah atau migrasi ke negara lain. Pada postingan saya sebelumnya, Hidup di Kanada : Mencari Kerja di Kanada, saya menjabarkan poin-poin yang menjadi pertimbangan jika ingin pindah ke Kanada. 

Kali ini, saya ingin memberikan informasi.  Bagi yang ingin mencoba peruntungan di Kanada, dapat mencoba website : Government Canada Immigration and Citizenship  Website tersebut adalah situs resmi dari Pemerintah Kanada.  Kita dapat melihat banyak poin di situ seperti jika kita ingin sekolah ataupun bekerja di Kanada.  Berhati-hatilah dengan website atau situs bohong yang dapat menyesatkan. Apalagi jika Anda sampai tertipu dan uang hilang melayang. Jika ingin mengajukan aplikasi untuk menjadi penduduk Kanada, syarat dan biaya dapat dilihat pada situs tersebut.  Juga banyak pertanyaan lainnya seputar tinggal dan bersekolah di Kanada. Anda dapat juga mengirim email di situs tersebut.

Lihat Artikel Menarik Lainnya:
Selain itu, kita juga dapat melihat beberapa pertanyaan yang biasa diajukan jika ingin migrasi ke Kanada. Bahkan jika ingin menjadi pengungsi sekalipun.  Namun, prosesnya tentu tidak mudah dan memakan waktu.  Saran saya, jika Anda ingin sekali/berminat untuk pindah ke suatu negara tertentu, usahakanlah sendiri.  Dalam arti, carilah info sebanyak-banyaknya, tanpa mengandalkan orang lain, termasuk mengisi formulir aplikasi kepindahan.  Seringkali, orang menggunakan jasa orang lain atau meminta bantuan orang lain untuk mengisi formulir aplikasi.  Ingatlah, Anda akan di wawancara/interview.  Selain itu, jika mengisi formulir saya Anda sudah tidak sanggup, bagaimana selanjutnya untuk pindah dan tinggal di negara lain. Karena pindah atau migrasi ke negara lain tidak mudah dan perlu adaptasi dan kerja keras dari awal.

Good Luck!
Baca Artikel Selanjutnya klik pada judul: 
Artikel Terbaru klik disini
Ingin tahu kehidupan saya di Kanada, klik di sini

Mendengar lewat Spotify klik disini
                                          
Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Tinggal Di Kanada" di bawah untuk artikel lainnya

Comments

  1. Ingin sekali. Cuma ijazah paling punya SMA

    ReplyDelete
  2. This design iั• incredible! ะฃou ⅽertainly know how to keep a reader entertained.
    ะ’etween yะพur wit ษ‘nd your videos, ำ€ wษ‘s ษ‘lmost moved t฿‹ start my own blog (แดกell,
    almoั•t...HaHa!) Wonderful job. ฮ™ ๏ฝ’eally enjoyed ิาปat you had to say,
    and moะณe thะฐn that, hoิ you presented it. TโฒŸo cool!

    ReplyDelete
  3. Halo.. baru ketemu blog nya.. salam kenal ya..saya yg kepengeeen sekali migrasi/ tinggal diluar negeri.. bahkan dari jaman saya masih SD sudah bercita2 ingin tinggal diluar negeri.. Hihihi.. terima kasih atas postingannya.. saya harus usaha sendiri ya, ga perlu ama orang lain kalau mau apply2.. saya cuman istri yg mengurus rumah tangga.. punya impian bisa tinggal diluar negeri.. walaupun tak mudah, harus tetap berusaha.. ��

    ReplyDelete
  4. @Juls : Ya, sebaiknya tetap berusaha sendiri, jika mempunyai mimpi dan niat, semoga bisa berhasil. Jangan bersama orang lain, dan jangan karena ikut-ikutan. Proses menjalani sendiri semuanya nanti akan dimantapkan apakah memang bisa atau tidak/mandiri. Good luck! :)

    ReplyDelete
  5. aku berharap semoga aku pindah ke kanada,aku akan berusaha

    ReplyDelete
  6. Hallo i am from indonesia, now i still
    Working in saudia arabia ( jedah city )
    As foreman electrical. I want to working in canada please help me

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry,I cannot help you. visit www.monster.ca (website). Good luck !

      Delete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Hallo kak, wah keren postingannya. Saya jg pengen pindah ke kanada. Kerja dan tinggal di Kanada. Saya udh baca postingan kak winda sebelumnya yg "ingin pindah ke kanada". Jujur kak saya tertarik buat kerja disana. Saya cari lowongan kerja yg di Kanada dari website2 loker sana tapi ga semudah itu karena byk jg yg minta udh berpengalaman atau skill yg spesifik. Smentara saya pengalaman msh 0 kak. Saya jg lamar2 kerja yg ada di indo tapi gampang2 susah jadinya nganggur yg lama bgt. Saya mau cari peruntungan sy di Kanada kerja disana sebagai waitress pun bukan mslh kak buat sy hehe
    Sy jg udh cari2 website ttg immigrant dan work in canada gimana tp ada poin2 yg blm paham
    Kek gini kak kalo kita kerja disana itu kita hrs ngurusin sgl kek visa, perpindahan dan sgala macemnya? Ataukah cari keja elu lamar elu di prusahan yg ada di kanada br siapin sgl visa dan perpindahannya?
    Sbnernya sy blm punya visa kak
    Saya pngen nanya2 ke personal ke kaka lwt email
    Kalo boleh alamat email kakak apa ya?
    Thank you kak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Hanifah,
      Mungkin bisa coba di www.monster.ca itu web buat cari kerja di Kanada. Setahu saya Canada bukan negara yang mudah untuk cari kerja, bahkan utk waitress sekalipun. Karena disini banyak berkumpul immigrant dari negara lain jadi sangat2 kompetitif dalam mencari kerja :( tapi bisa coba website itu, mana tahu beruntung ada Boss yang mau sponsor untuk visa dan ijin kerja. Good Luck ya..

      Delete
  9. Hai.. saya mau tanya semua loker di www.monster.ca dapat dipercaya atau ada yang abal2 menjanjikan sponsorship kerja di Canada yah?
    Kalau memang ada yang mau kasih sponsor work permit apakah keluar uang dari kita dan urus sendiri atau mereka bantu smp tiba lalu ada perhitungan potong gaji di sana?

    Trims atas infonya :)

    ReplyDelete
  10. @Anonymous: Wah, pertanyaannya susah juga jawabnya nih sebab saya belum pernah mengalami hal tersebut :( bagaimana jika di selidiki dulu website company yang memberi pekerjaan? Apakah reliable? Bila perlu, kirim email ke CIC government Canada (di link yang saya kasih), tanyakan mengenai hal tersebut, mereka pasti balas. Seharusnya, kalau kita di beri sponsor sih mereka (perusahaan yang mempekerjakan) yang harusnya mengurus dokumen kelengkapan bahkan memberikan tiket perjalanan. Jadi kalau tipu-menipu seperti kita harus memberikan sejumlah uang, kalau saya sih ngga mau alias takut di tipu. Kalau perhitungan potong gaji sebenarnya agak aneh karena jika mereka membutuhkan kita, justru bersyukur kita mau kerja dengan mereka.Di Canada bahkan ada yang namanya signing bonus, jadi begitu kita setuju mau bekerja sama mereka, kita malah di kasih bonus di awal.Moga-moga sih penipuan tidak ada karena polisi sangat ketat menyelidiki penipuan. Sekali datang laporan, perusahaan yang terlibat bisa kena sanksi. Harusnya sih tidak ada tipu menipu.. Semoga berhasil dengan usaha mencari pekerjaannya dan semoga lancar. Amin.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih info nya. Mau tanya. Misal skill bahasa inggris nya blm trlalu mahir. Masih sebatas konversasional. Trs listening juga kurang paham. Apa bisa adaptasi ya di Kanada nanti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu bisa Mba/Mas... jangan pesimis Mba/Mas... yang menentukan seseorang bisa beradaptasi atau tidak bukanlah kepandaian IQ melainkan kekuatan mental dan kemauan yang keras lho Mba/Mas... bahasa Inggris di Kanada terutama bagi pendatang, banyak yang gratis.. begitu datang, langsung bisa di tanyakan ke community setempat atau ke bagian imigrasi Kanada. Banyak informasi di sana. Semangat ! :)

      Delete
    2. Oh oke. Makasih banyak mbak. Semoga sukses disana ya. Saya nyusul 2-3 tahun lagi hehe. Ngumpulin modal dulu

      Delete
    3. Iya sama2 ya Mba/Mas terima kasih juga atas doanya. Semoga berhasil perjuangannya dan moga2 ada jalannya dan di lancarkan usahanya. Tetap semangat dan optimis :)

      Delete
    4. Halo Mas/Mba.. Hehe iya ga apa nanya aja.Kan biar dpt info yy sejelasnya. Mengenai naik kapal ke sini saya rasa bisa. Sebab banyak furniture made in Indonesia disini. Dan penjualnya bilang kirimnya pakai kapal laut. Harusnya sih bisa transportasi dengan kapal laut tp sy kurang tau berapa lama. Kalau low season sekitar Desember-Feb, tiket pesawat ada yg dibawah $1000.banyak transit. Tapi udara sangat dingin pada musim itu. Utk Alberta dan Ontario,tergantung jenis pekerjaannya.Ontario byk org dan peluang kerja tp juga saingan.kalau Alberta penduduk lebih dikit kebanyakan pertanian dan memang pemandangan lebih indah.Kalau suka ramai dan kota besar ya Ontario.Kalau suka yg sunyi senyap jauh dari Mall ya Alberta cucok:) Good Luck...

      Delete
    5. Oke mbak. Nanti saya coba cari info lengkap cara transport lewat kapal. Siapa tau bisa lebih murah haha.

      Nah iya itu mbak. Alberta pemandangannya bagus. Alamnya masih bersih. Kalo disana jadi bingung mau fokus kerja apa liburan wkwk. Saya konsultasi sama temen dulu deh. Makasih info lengkap nya mbak :D

      Delete
    6. Sama2 Mba/Mas.. Good luck ya... :)

      Delete
  12. salam kenal mb winda,
    kalau kita datang ke canada dengan visa kunjungan dan melahirkan disana apakah anak nya bisa dapat kewarganegaraan canada? walaupun orang tua nya bukan canada. makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Harajuku,
      Salam kenal juga.. pertanyaannya lumayan menarik juga. Artikel pada link berikut dari berita resmi Canada saya paste ya. Tahun kemarin menjadi perdebatan dan sepertinya diputuskan Canada akan mengakhiri "otomatis" pemberian kewarganegaraan bagi bayi yang lahir di Kanada dengan orangtua yang bukan warganegara. Sebelumnya Kanada termasuk negara yang memberikan otomatis kewarganegaraan terhadap bayi yang lahir di Canada walau ortunya bukan Canadian. Namun tahun lalu 2018 sepertinya sudah ada amendment atau perubahannya.

      Linknya berikut ini : https://www.cbc.ca/news/politics/birth-tourism-citizenship-supreme-court-1.4815898
      Namun, untuk lebih jelasnya dapat di cari di website pemerintah Kanada yang resmi di http://www.cic.gc.ca/english/helpcentre/results-by-topic.asp?top=4
      semoga membantu...

      Delete
  13. Salam kenal mbak winda, saya bu rumah tangga dengan 3 anak, usia sekarang 40 tahun, passion saya menjadi seorang nurse, saya berencana kuliah di canada untuk mengambil program nurse bersama anak saya yang juga sudah memasuki masa kuliah, saya nekat untuk menjual asset saya di indonesia, tapi koq jadi ragu dengan usia saya, apa masih eligible untuk mengajukan PR canada, soalnya suami juga sudah usia 48 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga Mba.. wah Mba, nekat sekali apalagi sampai menjual asset segala. Harap dipikirkan masak2 Mba, mengingat umur sudah 40 tahun dan suami sudah 48 tahun.. Kehidupan di Kanada itu keras Mba, apalagi diusia sekian harus memulai semuanya dari awal. Saran saya, sebaiknya anaknya saja yang maju kuliah lalu jika berhasil mendapatkan pekerjaan disini, kan bisa sponsor ortunya.. tidak perlu beramai2 ke Kanada karena jika tidak berhasil akan terperosok semua.. sebaiknya satu dulu yang maju.. Sekali lagi saya hanya memberi saran lho.. sebab kehidupan disini sangat keras, dan tidak mudah memulai segalanya dari nol apalagi jika sudah settle di Indonesia.. Good luck ya :)

      Delete
  14. siang mbak, mau nanya, klo umur 40 apa masih bisa jadi imigran ke kanada? terus berapa dana yg dibutuhkan, mulai memasukkan aplikasi, sewa rumah hingga sudah menetap di sana? Ato sudah ada subsidi dari pemerintah kanada? mks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas, setahu saya tidak ada batasan umur utk apply PR ya. karena itu kan hak masing2 orang. Yang menjadi pertimbangan adalah, misalnya kita mendapatkan PR tersebut apakah kita mampu bersaing dengan imigran lainnya mengingat yang mengajukan PR Kanada tiap tahunnya sangat banyak dari seluruh penjuru dunia and mereka jauh lebih muda dan produktif. Jika mengajukan aplikasi dari situs resmi pemerintah Kanada 10 tahun yl sekitar CAD$800-1000 aplikasinya saja. Butuh waktu sekitar 1-2tahun utk dapat kepastian apakah diterima atau tidak. Biaya sewa rumah tergantung daerah mana kita mau, di tengah kota tentu beda dengan di pinggiran.Untuk apartment 1 kamar misalnya, kisaran $600-$2000 sebulannya. Pemerintah tidak menyediakan subsidi, kecuali Les Inggris gratis bagi imigran atau pendatang baru. Sama2.. :)

      Delete
  15. Mbak winda apa mbak winda bisa bantu saya untuk kerja di sana... Nanti separoh gaji sya aq kasih ke embak klau bisa bantu beserta ongkos nya...aq orang miskin mbak...tolong bantu....aq sekil bisa ngelas.otomotiv.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh, maaf Mas saya tidak bisa membantu karena saya bukan agen pencari kerja... saya ikut bersimpati seandainya saja saya bisa bantu namun saya tidak dapat membantu.. di Kanada sendiri, untuk keterampilan automotive dan montir serta las, harus mendapatkan sertifikasi khusus setara dengan standard Kanada. Mungkin Mas nya bisa coba di Malaysia atau Batam. Doa terbaik saya semoga bisa sukses di masa depan. ..

      Delete
  16. Hai mba Winda yg bijak..salam kenal.menarik baca blog mbak ttg kehidupan di Kanada. Anyway, kalau set up bisnis misal resto/kedai/Cafe apakah mudah disana (dgn modal sendiri) ? Sehat2 dan baik2 selalu di sana mbak. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Hamz, salam kenal juga.. wah terima kasih sudah bilang saya bijak, jadi besar kepala nih:) Set up resto atau kedai atau cafe tidak susah. Bahkan, di mall2 banyak ada sediakan tempat semacam food court begitu.. kalau untuk kedai cafe di luar sih agak susah karena kita harus bangun gedungnya dan jika winter tiba, jarang orang mau makan di luar karena dingin. Kalau ke Mall, masih banyak. Masalahnya, persaingannya agak susah. Kecuali kita buat di kota besar yang penduduknya padat dan suka jajan. Selidiki dulu kota di Canada yang banyak imigran atau pendatang. Sebab daerah yang terlalu ujung dan kebanyakan asli Canada (bule), kurang suka jajan. Jadi bisnis agak sepi. Ya sama2 juga, semoga Masnya juga sehat2 dan baik2 selalu. Amin.

      Delete
  17. Halo , terima kasih atas postingannya ya . Jujur saya gak pernah kepikiran untuk tinggal di Canada, karena cita-cita saya itu going to New York. Eh tapi ketemu suami yang kerjanya harus ke Negri Paman Sam atau ke Canada. Karena industri dia gak bisa berkembang di Indonesia. Kalau suami yang dapat kerjaan disana , saya sbg istri dengan lulusan S1 (kampus tidak terkenal dan tidak berbasis Internasional) tapi punya pengalaman kerja 7 tahun sebagai Marketing di perusahaan global , apakah mungkin saya bisa dapat kerja fulltime disana ? Mengingat ijazah S1 saya bukan dari Universitas ternama di Indonesia. Mohon bimbingannya ya , langkah utama saya dan suami untuk ,maju kesana bagaimana? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi juga.. Menurut saya, selama bahasa Inggris lancar dan punya ijin kerja (misalnya PR jika benar2 ingin pindah ke Canada atau Amerika), pastinya bisa bekerja sebagai Marketing. Biasanya orang disini kerja sebagai reatly agent atau Agen rumah atau Asuransi. Atau Sales di perusahaan furniture dll.. Bisa2 saja. Asal bahasa Inggris lancar and punya kemauan. Untuk langkah utamanya : Dapat PR dulu atau dapat pekerjaan yang Bossnya mau sponsori untuk PR. Karena tanpa PR, kita susah mencari kerja dan jadi penduduk gelap alias ilegal, hidup tidak tenang. Good Luck ya.

      Delete
  18. Salam kenal mb, sy mau konsul ya he..he.. background pendidikan sy bachelor's degree dg pengalaman kerja sbg staff RS >4 th, menurut mbak ada peluang kah untuk migrasi dan dapt kerja di canada?
    Mohon sarannya mb apakah sy harus dapat sponsor kerja dulu? atau bisa apply migrasi dulu sambil cari kerja sembari nunggu jawaban permohonannya?
    BTW berapa lama biasanya proses pengajuan smpe di approve? Thank๐Ÿ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mee,
      Salam kenal juga. Menurut saya coba saja cari kerja dulu via online. Siapa tahu ada yang mau sponsor. Jika ada Boss yang mau sponsor, kan tidak usah repot urus PR sendiri. Kasih waktu misalnya mencari kerja selama 6 bulan via online (harus gencar ya). Jika tidak bisa mendapatkannya, alternatif kedua, jalan2 dulu ke Kanada. Liat situasi enak atau tidak di Kanada apakah sesuai dengan yang diimpikan dan diangan2kan. Jika memang cocok. baru apply PR. Selama proses 1 sampai 3 di atas (mencari kerja, jalan2 dan apply PR), masih bisa tetap bekerja di Indonesia. Proses pengajuan PR tergantung. Biasanya 1,5 - 2tahun. Tapi sekarang banyak sekali yang mengajukan PR.Terutama setelah Canada menerima pengungsi dari Syria. Kemungkinan akan lebih lama. Good Luck ya :) Terima kasih kembali sudah mampir blog saya.

      Delete
    2. apakah ada situs tertentu yg menyediakan lowongan dg sponsorship buat warga asing?
      Biasanya tipe pekerjaan apa yg bisa kasih sponsorship?
      Apakah untuk apply kerja dsana apa wajib punya IELTS dg score tertentu?
      Maaf ya mb pertanyaanya banyak, namanya jg usaha he..he.. ๐Ÿ˜

      Delete
    3. HI Mee, saya jadi senyum liat komentarnya.. "namanya juga usaha".. hehe ya ngga apa2 kok nanya. Don't be sorry, ngga perlu minta maaf. Saya balas kalau saya bisa :) Jawabannya ya 1. situs tertentu untuk sponsorship orang asing tidak ada, tapi kita bisa mencari pekerjaan khusus untuk orang asing di Kanada. siapa tahu berhasil and ada yang mau sponsor. Diantaranya adalah : www.jobbank.gc.ca, IENA (International Exchange of North America) itu semacam pertukaran pekerja. bisa di cari informasinya di situ, Eluta juga ada, juga Monster.ca itu semua website untuk orang asing di luar Kanada. Pertanyaannya bagus juga, nanti saya buatkan post baru di blog saya. Untuk IELTS tergantung pekerjaannya and tergantung Boss si pemberi kerja. Setahu saya, teman2 yang bekerja di bidang komputer, bahasa Inggris mereka tidak begitu bagus tapi bisa bekerja karena komputer di seluruh dunia bahasa nya sama. bahasa program. tapi untuk Customer Service misalnya, tentu saja bahasa Inggrisnya harus lancar. Good Luck ya.

      Delete
  19. Hi mbak, salam kenal ya
    Saya saat ini tunggal di jakarta.
    Kami ada planning apply PR Canada dalam 2-3thn kedepan karena menunggu suami saya selesai kuliah S2 nya di Univ Indonesia.

    Saya mau tanya bbrp point :
    1. Apakah di Canada pekerjaan akan lebih mudah dengan status master degree atau memang harus kuliah lagi disana?
    2. Apakah graduted UI di akui disana mbak?
    3. Jika sudah mendapatkan PR brp lama pemegang PR harus segera ke Canada? Apakah bisa apply kerja dahulu di jakarta? Bgmn possibility nya mbak?

    Jika berkenan boleh saya minta email address mbak jika saya ada bbrp concern utk mengetahui situasi di Canada.

    Saya butuh pencerahan dari orang pengalaman sepeeti mbak

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rahma,
      salam kenal juga. Keliatannya sudah saya balas pada pertanyaan Rahma sebelumnya di post yang lain :) linknya di sini, and pertanyaan Rahma ada pada komentar bagian bawah. https://pictureoflife99.blogspot.com/2017/03/hidup-di-kanada-mencari-kerja-di-kanada.html

      Sedangkan untuk menghubungi saya via email. bisa klik di link pada halaman ini (ada di baris paling bawah).. :) goodluck ya.
      https://pictureoflife99.blogspot.com/p/welcome_29.html

      Delete

Post a Comment

Leave a comment:

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada